oleh

Camat Kedawung Hermawan: Sampah Itu Harus Kita Perlakukan Seperti Sahabat

Citrust.id – Sampah itu harus kita perlakukan seperti sahabat. Jangan justru kita menjadikannya sebagai musuh. Manakala sampah bisa diperlakukan sebagaimana layaknya, bukan hal tidak mungkin dari sampah bisa menjelma menjadi berkah.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Camat Kedawung Kabupaten Cirebon, Drs Hermawan MM kepada citrust.id saat ditemui di Kantor Camat setempat, Rabu (14/11/2018).

Lebih lanjut Hermawan menuturkan, sampah itu ada 2 jenis, yaitu organik dan non organik dan semuanya memiliki manfaatnya masing-masing.

Berkaca dari hal itu, pihaknya meminta kepada seluruh masyarakat Kecamatan Kedawung khususnya untuk lebih pandai dalam memperdayagunakan keberadaan benda yang kerap kali dianggap meresahkan ini.

“Di Kecamatan Kedawung terdapat 8 Desa, dan sekarang setiap kuwu sudah mulai memprogram rencanakan tentang bak sampah serta pemanfaatan dari sampah itu sendiri,” ungkap Hermawan kepada citrust.id.

Menanggapi polemik sampah yang tak kunjung teratasi, Hermawan pun mengakui bahwa kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan masihlah rendah.

Tambah Hermawan, dalam waktu dekat semua perangkat desa akan dikoordinir guna mewujudkan program home industri kerajinan limbah sampah. Hal ini juga merupakan langkah dari Kecamatan Kedawung dalam memberdayakan masyarakat sekitar.

“Kecamatan Kedawung sudah melakukan study banding ke daerah Purwokerto Jawa Tengah tentang pemanfaatan sampah dan hasil study banding itu akan diterapkan juga disini,” bebernya.

Adapun kerajinan yang sudah terencana ialah pengelolaan limbah botol menjadi kerajinan tas dan lain sebagainya, pengelolaan pupuk tanaman dari limbah rumah tangga, serta masih banyak lagi./dhika

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed