oleh

Burok Jadi Daya Tarik Midang Cirebon Timur

Citrust.id – Kesenian Burok menjadi daya tarik dan berhasil mencuri perhatian warga yang hadir menikmatinya dalam acara Midang Cirebon Timur 2018.

Kesenian Burok yang menurut salah satu versi yang dituliskan MA Nada Production menyebutkan, berasal dari Kecamatan Gebang itu (untuk wilayah Cirebon Timur). Dahulu, Burok diyakini oleh sebagian pemeluk agama Islam, sebagai kendaraan Nabi Muhammad SAW saat menuju langit dalam peristiwa isra mikraj.

Pada 1980, awal terciptanya kesenian Burok dari ‘Gebang Balong’ yang dipimpin oleh Bapak alm. Muad, dengan nama group Burok Sekar Sejati. Ia membuat karakter Burok seperti manusia ada umumnya, berparas cantik, anggun, ksatriawati, dan mempunyai daya tarik pada setiap orang yang melihatnya.

Di setiap pagelaran atau pementasan Burok selalu meyisipkan tingkah laku manusia seperti menangis, menunduk, dan tersenyum, itu pula yang menjadi kelebihan Burok yang sangat sakral di kalangan masyarakat.

Kini, seiring perkembangan zaman, Burok menjadi salah satu kesenian yang familiar di Cirebon. Seperti dalam acara khitanan dan kirab budaya./anan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed