oleh

Bupati Majalengka dan Forkopimda Tinjau Lokasi Bencana Pergerakan Tanah

Citrust.id – Kapolres Majalengka AKBP Mariyono dan Dandim 0617 Letkol Arm. Novi Herdian mendampingi Bupati Majalengka Karna Sobahi meninjau lokasi pergerakan tanah di Desa Mekarmulya, Kecamatan Lemahsugih, Kabupaten Majalengka, Kamis (11/4/2019).

Forkopimda juga memberikan bantuan sembako dan pakaian untuk warga korban pergerakan tanah.

Bupati didampingi Kepala Desa Mekarmulya Iyet Sumiati, mengungkapkan, pihaknya akan segera membangun tenda darurat bagi warga melalui Badan Penanggulangan Bencana Alam agar warga tidak berhimpitan di satu rumah.

“Warga yang saat ini mengungsi di rumah keluarganya ada yang ditempati hingga dua atau bahkan empat keluarga,” ungkap Karna Sobahi.

Sebelumnya, hujan yang terus mengguyur wilayah Majalengka sejak Minggu siang hingga tengah malam mengakibatkan rusaknya sejumlah infrastuktur jalan dan jembatan.

Selain itu, terjadi pergerakan tanah di dua RT di Blok Lamelaut, Desa Mekarmulya, Kecamatan Lemahsugih, Kabupaten Majalengka, Senin (8/4/2019).

Akibat pergerakan tanah tersebut, sebanyak 19 rumah yang dihuni 25 KK atau 72 jiwa di dua RT masing-masing RT 009/003 dan RT 001/001 terpaksa mengungsi ke rumah keluarga mereka. Sebagian besar kondisi rumah mereka rusak parah dan sedang sehingga dikhawatirkan pergerakan tanah semakin parah dan rumah ambruk.

Warga yang pergi ke pengungsian sementara ini hanya membawa pakaian, sebagian perabotan rumah tangga serta barang berharga.

Menurut keterangan sejumlah warga, pergerakan tanah tersebut diperkirakan mulai terjadi sekitar pukul 05.00 WIB pagi, karena sorenya walaupun hujan turun cukup deras tidak terjadi pergerakan tanah ataupun terjadi retakan pada permukaan tanah. (Abduh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed