oleh

Bumdes Desa Mirat Kembangkan Potensi Ekonomi Lokal

Citrust.id – Badan usaha Milik Desa (Bumdes) Eka Cita Sejahtera, Desa Mirat, Leuwimunding adalah usaha desa yang dikelola masyarakat desa yang berbadan hukum peraturan desa dengan mengembangkan potensi ekonomi lokal.

Bumdes Eka Cita Sejahtera Desa Mirat berdiri 21 Maret 2017 telah melakukan usaha yang direncanakan masyarakat melalui musyawarah desa yang dimulai dengan melakukan usaha di bidang jasa pelayanan dan perdagangan.

Pada bulan suci Ramadan tahun ini, Bumdes Mirat mengadakan Program Tok Tok Tok Bumdes Berbagi kasih dengan memberikan sembako pada masyarakat jompo.

Tatang Tajudin, Ketua Pelaksana Program Bumdes Mirat Berbagi, mengatakan, selama periode 2017-2020 menyempatkan waktu untuk melaksanakan kegiatan berbagi kasih bagi keluarga yang membutuhkan.

Seyogyanya bumdes tak mencari keuntungan semata, tapi juga secara sosial perlu dirasakan keberadaan dan manfaatnya oleh masyarakat Desa Mirat.

“Ini hasil kesepakatan pengurus, dewan pengawas dan komisaris selaku kepala desa, bahwa bumdes harus memberikan manfaat. Walaupun itu sedikit, tapi Insyaallah ke depan kami akan laksanakan kembali dan dengan sembako lebih banyak,” ungkapnya.

Aris Prayuda, Direktur Bumdes Eka Cita Sejahtera Desa Mirat, mengatakan, dirinya bersama pengurus, pengawas dan komisaris akan melaksanakan program itu tiap tahun. Dalam Perdes juga ada pembagian hasil usaha bersih, yakni dana sosial.

“Nah, kami akan manfaatkan dana sosial ini sebaik mungkin. Saat ini kami baru memakai dari pendapatan yang ada. Bisa dibilang zakatnya Bumdes Mirat pada masyarakat desa Mirat, kebetulan momennya bulan suci Ramadan,” tutur Aris.

Jaenudin, Ketua RW 05, Dusun Mekar Saluyu, Desa Mirat mengatakan, dirinya menyambut baik program itu. Ia mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Bumdes Mirat.

“Mudah mudahan bermanfaat untuk masyarakat yang membutuhkan. Semoga tahun berikutnya bisa dilaksanakan kembali dan lebih banyak lagi yang menerima manfaat program ini,” katanya. (Abduh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed