oleh

BPBD Kabupaten Cirebon Gelar Sosialisasi Siaga Bencara Gempa

Citrust.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon menggelar Sosialisasi Siaga Bencara Gempa kepada sejumlah instansi, masyarakat serta mahasiswa di Onyx Room Aston Hotel Cirebon Jl. Brigjen Darsono (By Pass) Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Sabtu (6/9/2018).

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Cirebon, Eman Sulaeman mengatakan, sosialisasi ini merupakan suatu simbolis kepedulian terhadap para korban bencana gempa di Palu dan Donggala. Selain itu sebagai bentuk upaya apabila sewaktu-waktu terjadi gempa di wilayah Cirebon dan sekitarnya.

“Kita sosialisasikan seperti apa potensi bencana yang bisa terjadi Kabupaten Cirebon, bagaimana cara menyelamatkan diri sendiri dan juga keluarga saat gempa terjadi, kita juga sosialisasikan bagaimana penyelamatan korban sesaat setelah gempa,” ungkapnya kepada Citrust.id di sela-sela kegiatan.

Berdasarkan pantauan Citrust.id, BPBD Kabupaten Cirebon mensimulasikan situasi tanggap bencana gempa. Situasi tersebut dibuat layaknya sedang terjadi gempa. Salah satunya mereka mencontohkan cara menyelamatkan korban yang terkena reruntuhan di ruang sempit.

Cara sederhananya ialah dengan menyimpulkan tangan korban dengan menggunakan barang seadanya semacam tali ataupun kain, kemudian memasukan kepala sampai bagian leher penyelamat ke sela-sela tangan korban yang sudah disimpul tadi, tahap terakhir penyelamat menyeret korban dengan cara merangkak menuju tempat yang lebih aman.

Selain itu, Eman mengharapkan agar masyarakat tetap bersikap tenang dan tidak panik saat gempa terjadi.

“Yang namanya gempa kan tidak bisa diprediksi kapan terjadinya dan di mana. Oleh karena itu, kita adakan sosialisasi ini agar masyarakat tahu bagaimana cara mensiasati apabila terjadi bencana tersebut,”. pungkasnya./dhika

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed