oleh

BMKG: Gempa Tektonik Guncang Kuningan Tak Berpotensi Tsunami

Citrust.id – Forecaster BMKG stasiun Jatiwangi Ahmad Faa Izyn mengatakan pada Senin, 1 Oktober 2018, pukul 03.23 WIB, wilayah Kuningan-Jawa Barat diguncang gempa bumi tektonik.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki kekuatan M=3,3. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 6.85 LS dan 108.44 BT, atau tepatnya berlokasi di Darat pada jarak 15 km arah Barat Laut (Barat Utara) Kuningan – Jawa Barat pada kedalaman 4 km,” ungkap Ahmad Faa Izyn saat dihubungi citrust.id, Senin (1/10/2018).

Dikatakan dia, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal dan tidak berpotensi tsunami.

“Guncangan gempa bumi ini dirasakan di Cirebon dan Kuningan pada tingkat intensitas II MMI yaitu Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda yang digantung bergoyang. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut,” ungkap dia.

Dia menambahkan, hingga pukul 08.30 WIB, Hasil monitoring BMKG, tidak menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tegas dia./abduh

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed