oleh

Berbuka Puasa

Catatan DADANG KUSNANDAR*

RAMADHAN tahun 1439 ini seperti setahun yang lalu senantiasa ramai dengan kegiatan keagamaan. Muslim dipersatukan dalam persaudaraan yang utuh. Satu dengan lain memperlihatkan senyum pertanda kasih sayang.

Beruntung ada bulan mulia yang tiap tahun Qomariyah terjadwal dalam kalender. Kesempatan untuk menebar kasih sayang terbuka dan semakin mendekatkan antarsesama.

Tak kurang mesjid dan surau sibuk melampaui bulan-bulan lainnya. DKM melalui perannya menyiapkan peralatan berbuka puasa (takzil).

Sebelum adzan Maghrib berkumandang, ibu-ibu di tingkat Rukun Warga menyerahkan kue, kurma, kolak aneka jenis dan sebagainya ke mesjid di wilayahnya. Seterusnya merupakan bagian pengurus DKM untuk mengatur penyediaan makanan berbuka puasa itu. Tentu saja teh manis atau kopi jahe atau air kemasan telah tersedia di mesjid.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Ramadhan merupakan bulan beramal. Lipatan pahala yang berlimpah jadi penyemangat beramal saleh. Ujaran Nabi Muhammad saw, siapa pun yang menyediakan makanan berbuka puasa bagi muslim yang berpuasa, maka pahalanya sama dengan orang yang berpuasa. Demikianlah berpuasa sambil menyediakan takzil tak urung melipatgandakan pahala yang akan dibawa hingga ke akhirat kelak.

Di atas adalah suasana berbuka puasa di mesjid yang berlokasi di pemukiman. Lalu bagaimanakah dengan musholla di SPBU?

Bagi para pekerja yang kebetulan belum sampai ke rumah ketika adzan Maghrib bergema dan tengah mengisi bbm kendaraan bermotor, Alumni SMA Negeri I Cirebon Angkatan tahun 1982 menyediakan takzil yang dibagikan gratis. Ramadhan 1439 ini sejumlah SPBU di Cirebon bakal disambangi “Warung Shodaqoh” Smansa 82.

Dalam sehari hanya satu SPBU yang disambangi. Ada pun SPBU terpilih adalah: Jln. Tuparev (depan PLN), Depan The Gardens, Sindanglaut, Tangkil, Jln. Dr. Cipto Mk, sekitar Pasar Celancang, Perumnas, Tengahtani, Ciperna dan sekitar Mesjid Merah Panjunan. Selain SPBU, pembagian takzil pun diarahkan kepada 10 yayasan yatim piatu/ yayasan keagamaan di Cirebon.

Berbuka puasa merupakan momentum terbinanya persaudaraan muslim. Semoga seluruh kegiatan berbagi makanan ini menyadarkan pentingnya merasakan nikmat Allah swt atas rizki yang kita punya. Khususnya kepada para aghinya, bahwa cara bersyukur (salah satunya) ialah secara beramal saleh.

Selamat beramal saleh. []

Info Seminar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed