oleh

Bendungan Karet Menjadi Solusi Polemik Petani dan Banjir di Desa Japura Lor

Citrust.id – Kuwu Japura Lor Mulyadi ungkapkan kegembiraannya terkait wacana pembangunan Bendungan Karet yang rencananya akan dibangun di wilayah pemerintahan Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon.

Mulyadi menilai, dengan adanya program yang dicanangkan oleh pemerintah pusat itu menjadi kabar gembira khususnya untuk petani di wilayah desa setempat.

“Selama ini kan mas petani di desa kita hanya mampu panen 1x dalam setahun, karenanya ya debit air di sini kurang,” ungkapnya kepada¬†citrust.id¬†saat ditemui di kantor Desa Japura Lor, Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon, Senin (12/11/2018).

Lebih lanjut Mulyadi memprediksi, luas sawah sekitar 30 hektare lebih yang terdapat di Desa Japura Lor akan menjadi subur. Dirinya optimis jika bendungan karet tersebut sudah terealisasikan para petani dapat panen hingga 2-3 kali dalam setahun.

Selain itu, disaat musim penghujan tiba, wilayah Desa Japura Lor bebas akan bencana banjir seperti tahun-tahun sebelumnya. Sambung Mulyadi, karena semua aliran air akan mengalir dan tertampung di bendungan itu.

“Tahun kemarin masalah banjir jadi permasalahan serius. Rumah warga tergenang lebih dari 1 meter. Kita tidak ingin hal serupa terjadi kembali,” tandasnya./dhika

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed