oleh

Belajar Koordinasi hingga Penyesuaian Diri Melalui Diklatsar MAHAPEKA

aitrades

Citrust.id – Pendidikan outdoor adalah salah satu cara belajar yang dapat menawarkan momen baru. Beberapa mahasiswa terlihat asyik saat mengikuti pendidikan dasar berupa panjat tebih dari salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Pecinta Kelestarian Alam (MAHAPEKA) IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Ada banyak pelajaran yang dapat diambil oleh para peserta dalam kegiatan tersebut. Di antaranya belajar bagaimana berkoordinasi, mengatur waktu, dan juga penyesuaian diri.

“Panjat tebing merangkum berbagai kompetensi koordinasi, timing, dan itu masuk learning by doing. Di situ mereka real belajar menguasai pertemanan diri sendiri dan orang lain,” Tutur Babay Barmawi, Dosen Komunikasi Antarpersonal, Selasa (4/9/2018).

Kegiatan itu merupakan program tahunan yang bertujuan untuk membidik anggota baru. Dari pantauan citrust.id, para peserta terlihat antusias secara bergantian berusaha untuk menaklukkan wall climbing yang terbuat dari fiber itu.

“Rasanya enak, nikmat, tapi capek juga,” ujar Ahmad, salah satu peserta.

Menurut ketua panitia, Hardiman, meski dilakukan di luar perkuliahan, kegiatan ini nantinya tidak akan mengganggu para peserta yang sekaligus juga berstatus sebagai mahasiswa dalam menjalani waktu-waktu kuliahnya.

“Untuk perkuliahan sendiri kita juga mengajukan surat, Insya Allah nggak ganggu,” pungkasnya./anan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed