oleh

Bawaslu Ajak Pemilih Pemula Awasi Pileg dan Pilpres 2019

Citrust.id – Bawaslu Kabupaten Majalengka melaksanakan sosialisasi pengawasan partisipatif kepada pemilih pemula dalam rangka pemilihan umum DPR, DPRD provinsi, DPRD Kabupaten, DPD, dan Pemilihan Presiden dan wakil presiden tahun 2019 di aula RM Nera, Rabu (19/12/2018).

Sosialisasi itu selain dihadiri Ketua Bawaslu, anggota dan Korsek Bawaslu Kabupaten Majalengka juga dihadiri Ketua Bawaslu serta jajaran kesekretariatan Bawaslu Provinsi Jawa Barat.

“Peserta diikuti oleh 100 orang pemilih pemula dari SMA/SMK/MA sederajat, pensiunan TNI dan Polri di Kab. Majalengka,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Majalengka, Agus Asri Sabana.

Dikatakan dia, kegiatan itu dilaksanakan tidak hanya mendorong pemilih pemula datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya tapi juga mendorong mereka ikut serta mengawasi penyelenggaraan pemilihan umum. Diharapkan mereka melaporkan dugaan pelanggaran yang ditemukan kepada pengawas pemilu sesuai mekanisme yang berlaku.

Sementara, Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Barat, Abdullah, mengatakan, sosialisasi itu ingin membuka pandangan tentang pemilu serta memberikan pemahaman kepada pemilih pemula terkait ketentuan dan larangan dalam proses penyelenggaraan tahapan pemilu.

“Pemilih pemula ini masih belum punya pemahaman awal konsep pemilihan. Kita harus berikan pemahaman kepada mereka tentang pemilu dan pelaksanaannya,” tandasnya. (Abduh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed