oleh

Batu Lawang Diprediksi Menjadi Wajah Baru Cirebon Dalam Menarik Pengunjung

Citrus.id – Kabid Pariwisata Disbudparpora, Nana Mulyana menyebut objek wisata batu lawang, Desa Cupang, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon diprediksi akan menjadi wajah baru dalam menarik pengunjung.

Hal tersebut tidak dikatakan tanpa alasan, dirinya menilai, olahraga climbing adalah kegemaran masyarakat yang sedang tren belakangan ini baik di kalangan muda maupun dewasa.

Tidak hanya itu, turis mancanegara pun tidak menutup kemungkinan menjadikan batu lawang sebagai destinasi wisata favorit kala berkunjung ke Indonesia.

“Kita sudah usulkan rencana ingin menghadirkan sebanyak 40-50 pemahat untuk membentuk batu-batu di sana menjadi berbagai bentuk ornamen budaya Cirebon,” ungkap Nana kepada citrust.id saat ditemui di ruangannya, Sabtu (24/11/2018).

Selain itu, Disbudparpora akan memanfaatkan tanah lapang disekitaran lokasi untuk dijadikan bumi perkemahan (buper) lengkap berserta fasilitas-fasilitas penunjang lainnya. Oleh karena itu, Disbudparpora akan bersosialisasi dengan pihak Perhutani guna mewujudkan rencana tersebut.

Lebih lanjut, Nana menuturkan perlunya 80 persen peran aktif masyarakat setempat dalam pelaksanannya. Dirinya meminta, masyarakat bisa lebih menumbuhkan rasa memiliki terhadap batu lawang khususnya.

Dalam hal ini, menjaga kelestarian alam, menjaga ketertiban, menjaga keamanan dan kenyamanan haruslah menjadi perhatian khusus.

“Saya melihat jika mampu dikelola dengan baik, Cirebon bisa menjadi salah satu tempat destinasi wisata terbaik di Indonesia,” ujar dia.

Berkaca dari potensi daerah, Nana menilai Cirebon memiliki destinasi wisata terlengkap jika dibanding wilayah lain di Indonesia. Mulai dari wisata budaya, alam, religi, kuliner, dan masih banyak lagi./dhika

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed