oleh

Banyak Tombol, Beginilah Canggihnya Toilet di Jepang

Citrust.id – ‎Jepang dikenal surganya teknologi. Pasalnya segala aktivitas keseharian warganya sangat bergantung pada teknologi, dari mulai transportasi umum, baik kereta maupun bus yang pembayarannya hanya menggunakan satu kartu, sampai fasilitas umum yang sifatnya privasi, yakni toilet yang tak luput dari teknologi.

Di Jepang, toilet terbagi menjadi dua jenis, yakni jongkok dan duduk. Dari segi bentuk tampak tak asing dengan toilet-toilet di Indonesia, akan tetapi pengoperasiannya yang bikin berbeda. Jika dilihat secara detil ada perbedaan yang sangat mencolok, bahkan membingungkan.

Banyak terdapat tombol-tombol pada toilet. Sepintas seperti mesin canggih yang berbentuk toilet. Tombol tersebut bukan tidak ada fungsinya, melainkan tombol itulah yang mengoperasikan toilet.

Semuanya diatur dengan tombol, mulai dari tekanan air untuk membersihkan toilet dan membilas pasca “buang hajat”‎. Bahkan suhu air bisa disesuaikan, tergantung keinginan, dari panas, hangat maupun dingin.

‎Memang, bagi para pelancong yang baru berkunjung ke Jepang, pasti akan bingung ketika menggunakan toilet. Hal itulah yang dirasakan salah satu pelancong dari Indonesia saat berdiskusi ringan dengan reporter Citrust.id di Tokyo, Jepang.

“‎Pas saya masuk sempat bingung, karena banyak tombol di toilet. Tapi pas saya coba satu persatu tombol-tombol tersebut, akhirnya saya tahu. Malah lebih enak dan simpel,” ujar Ari, pelancong asal Bandung kepada Citrust.id, Senin (11/12).

Jadi, ‎bagi pengguna toilet di Jepang, tak usah lagi repot-repot melakukan pembilasan dengan tisu maupun menyiram dengan air setelah “buang hajat”. Tinggal tetap duduk santai di toilet, tekan tombolnya sesuai fungsi‎ yang tertera melalui tulisan dan gambar, semuanya akan bersih dengan sendirinya, dan sangat simpel sekali. /Riky Sonia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed