oleh

Banjir, Waspada Sejumlah Penyakit Mengintai

aitrades

Citrust.id – Banjir besar yang menerjang Kota Cirebon membuat sejumlah penyakit mengintai. Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon, dr. Lucya Agung Susilawati, MARS, mengimbau masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Warga diminta tidak membuang sampah sembarangan. Selain akan menyumbat saluran air, sampah yang bertebaran juga akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Selain itu, kata Lucya, perlu diwaspadai penyakit di musim banjir. Mulai dari, penyakit kulit, ISPA, diare, dan lain-lain. Tindakan paling sederhana yang bisa dilakukan warga untuk mencegah penyakit yaitu selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

‚ÄúCucilah tangan sesering mungkin dengan air mengalir. Tindakan sederhana itu bisa mencegah berbagai penyakit, terutama saat banjir,” ujarnya, Kamis (15/3).

Lucya mengungkapkan, di setiap puskesmas Kota Cirebon terdapat posko kesehatan yang buka 24 jam. Posko tersebut dilengkapi ambulans, obat-obatan, dokter, perawat, bidan dan surveilans. Mereka selalu siaga dan siap bertugas begitu terjadi bencana banjir.

Lucya meminta ada penanganan terpadu dan komprehensif dari dinas terkait lainnya. Penanganan banjir tidak hanya bisa dilakukan satu dinas, namun perlu peran serta dinas lain.

“Selain agar korban banjir tetap terjaga kesehatannya, kebutuhan dasar mereka juga terpenuhi,” pungkasnya. /haris

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed