oleh

Balong Keramat Darma Loka Suguhkan Edukasi Wisata Religi

Citrust.id – Di Desa Darma, Blok Paleben Darma, Kuningan, terdapat sebuah balong keramat bernama Darma Loka. Berdasarkan sejarah, balong keramat ini dibangun oleh Syekh Rama Irengan seorang Wali penyebar ajaran Islam pada abad 15 Masehi.

Syekh Rama Irengan adalah seorang Wali utusan dari Sunan Gunung Jati Cirebon, dimandati untuk menyebarkan ajaran Islam di wilayah Kuningan, Jawa Barat.

Konon, Syekh Rama Irengan membangun 5 kolam atau balong dalam satu malam, yaitu Balong Pasawahan Mandirancan, Dalem Jalaksana, Cibulan, Keramat Cigugur, dan terakhir Keramat Darma Loka yang selesai menjelelang fajar.

Balong Keramat Darma Loka, Suguhkan Edukasi Wisata Religi

Di situs ini terdapat 3 kolam dan dua mata air. Kolam paling besar yang konon dulunya merupakan tempat mandi Syekh Rama Ireng. Selanjutnya dua Kolam Subuh, yaitu kolam pembibitan dan kolam bangsal.

Setiap kolam, dihuni ratusan ikan dewa yang kala itu adalah hewan peliharaan Syekh Rama Ireng. Dinamai Darma Loka karena kolam ini menyimpan kisah kezuhudan dan ketuhanan yang patut untuk direnungi.

Sampai sekarang, menurut Ading (54), juru kunci situs itu mejelaskan, ikan-ikan tersebut tidak boleh diperjualbelikan, dikonsumsi, apalagi dibunuh.

“Bila ada yang mati juga mesti dikubur dan posisi menghadap kiblat,” jelasnya, Kamis(20/9/2018).

Tradisi yang masih dijaga turum-temurun hingga saat ini yaitu penjagaan makan dan kirim doa pada tangga 12 Maulid dan tanggaL 15 Sya’ban.

Setiap harinya, objek wisata religi ini, selalu dikunjungi wisatawan, baik mereka yang hendak berziarah ke makam Syekh Rama Irengan ataupun untuk sekedar rekreasi sambil memberi makan ikan./evan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed