oleh

Atika: PMR Adalah Relawan Masa Depan

Citrust.id – Rekrutmen Forum Palang Merah (Forpis) menjadi agenda rutin 2 tahunan yang digalakan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cirebon guna melahirkan kader-kader masa depan relawan PMI berkualitas khususnya di wilayah Kota Cirebon.

Kepala Markas PMI Kota Cirebon, Atika mengatakan adik-adik Palang Merah Remaja (PMR) baik pada tingkat SMP ataupun SMA lah yang kelak akan menjadi penerus para seniornya di PMI.

Oleh karena itu, pihaknya menaruh harapan lebih kepada siswa-siswi yang saat ini tergabung dalam ekstrakulikuler PMR untuk bisa melanjutkan aktivitas sosial kemanusiaannya ke jenjang yang lebih tinggi. Dalam hal ini PMI.

“Karena bibit relawan itu adanya di PMR. Makanya kita sebut PMR ini relawan masa depan,” tutur Atika kepada citrust.id di Markas PMI Kota Cirebon, Kecamatan Kesambi, Sabtu (20/10/2018).

Dirinya menambahkan, PMI Kota Cirebon menyediakan setidaknya sebanyak 50 anggota baru untuk kategori relawan Forpis.

Adapun syarat utama untuk menjadi relawan Forpis, lanjut Atika, ialah minimal duduk di kelas VIII SMP serta kelas XI SMA. Ke depannya mereka yang terpilih akan diberi pelatihan sesuai kurikulum salah satunya tentang dasar kepalangmerahan.

Sementara itu, Atika menjelaskan, PMI tidak hanya tentang donor darah saja. Melainkan ada pula spesialis terkait penanganan medis seperti keperawatan keluarga, water sanitasi, logistik, korps suka rela (KSR), hunian, serta shelter.

Menurutnya dengan adanya program-program tersebut, mampu menjadi ajang persiapan untuk selalu siap siaga dalam menghadapi situasi sulit sekalipun./dhika

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed