oleh

Angin Kencang Terjang Majalengka, Ini Penjelasan BMKG Stasiun Jatiwangi

Citrust.id – Sejumlah warga Kabupaten Majalengka diresahkan oleh fenomena angin kencang yang melanda wilayah Majalengka dan sekitarnya dalam beberapa hari terakhir ini.

“Jemuran sampai terbang semua karena angin sangat kencang sampai khawatir,” kata Wawan warga Gang Panday Kelurahan Majalengka Wetan, Jumat (06/07).

Hal senada juga dikhawatirkan oleh Tata warga Kecamatan Talaga yang merasa takut oleh fenomena angin kencang yang melanda daerahnya.

“Sudah biasa sih, makanya Majalengka dijuluki Kota Angin, tapi khawatir juga sih,” ungkapnya.

Sementara Forecaster BMKG Jatiwangi Ahmad Faa Izyn menjelaskan, Angin Kencang ini berasal dari Angin Monsoon Timur yang berasal dari Australia.

“Karena di wilayah kita terdapat Faktor lokal, yaitu Gunung Ciremai, jadi Angin turun dari gunung lebih kencang seperti 2 hari kemarin, atau di Indonesia biasa disebut Angin Kumbang, selain itu didukung adanya badai tropis Maria yang berdampak secara tidak langsung di wilayah Ciayumajakuning,” jelas dia.

“Dari data yang masuk, angin kencang berhembus mencapai 50 km/jam. Hari ini sudah berkurang kecepatannya 35 km/jam dan besok akan kembali berangsur normal kecepatan anginnya,” tambahnya.

Imbauan BMKG kepada masyarakat, jangan resah terhadap informasi yang kurang lengkap/tidak jelas, “tetap tenang dan lebih waspada terhadap adanya angin kencang ini terutama dalam beraktivitas di luar rumah, serta selalu menjaga kondisi badan,” ujarnya. /abduh

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed