oleh

Almamater Dicatut Untuk Pilpres, IKPM Gontor Cirebon Desak G4NKRI Minta Maaf

Citrust.id – Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Gontor Cabang Cirebon angkat suara soal deklarasi dukungan Capres Cawapres Jokowi-Ma’ruf Amin yang dilakukan sejumlah alumni Pondok Modern Gontor, Gontorians for NKRI (G4NKRI), bulan lalu.

Di hadapan awak media, Sekretaris IKPM Gontor Cabang Cirebon, Abi Hassanuddin Arbelles mengungkapkan, pihaknya menyesalkan deklarasi yang dilakukan G4NKRI itu. Ia menegaskan, Pondok Modern Gontor tetap berdiri di atas dan untuk semua golongan.

“Pondok Modern Gontor membebaskan para alumninya untuk berkhidmat di tengah masyarakat luas dalam segala bentuk yang positif. Meski demikian, para alumni tidak boleh mencatut dan/atau mendompleng nama Gontor yang identik dengan Pondok Modern Gontor untuk gerakan politik,” ujar Abi di salah satu kedai kopi di Jalan Tuparev, Kabupaten Cirebon, Selasa (5/2/2019).

Ia mengutarakan, sebagai lembaga pendidikan, Pondok Modern Gontor tidak boleh diklaim untuk tujuan politik kelompok apapun, termasuk G4NKRI atau semacamnya.

Oleh karena itu, pihaknya merasa prihatin atas pemberitaan masif atas deklarasi dukungan untuk salah satu capres cawapres yang dilakukan G4NKRI. Seolah deklarasi itu mewakili seluruh alumni atau lembaga Pondok Modern Gontor.

“Pilihan politik kami sesuai visi misi dan pembelaan tegaknya Islam, perlindungan kepada muslim serta agama lain dengan adil dan beradab,” kata Abi.

Pihaknya sangat keberatan atas langkah-langkah, sikap dan pernyataan pihak tertentu yang mengaku bagian dari alumni Gontor yang menyerang, menyebarkan fitnah dan melakukan perbuatan tidak menyenangkan kepada lembaga pendidikan Pondok Modern Gontor dan pimpinan pondok. Termasuk tindakan mengklaim alumninya untuk tujuan kepentingan politik pribadi atau kelompok.

“Kami mengimbau kepada pihak-pihak yang telah melakukan perbuatan yang nyata-nyata melawan hukum untuk segera meminta maaf kepada pimpinan Pondok Modern Gontor, Lembaga Pendidikan Modern Gontor dan alumni Pondok Modern Gontor secara terbuka,” katanya.

Senada, Sesepuh IKPM Gontor Cabang Cirebon, KH Noor Zen, mengatakan, pihaknya dari alumni Gontor se-wilayah III Cirebon menegaskan, deklarasi dukungan yang dilakukan G4NKRI di Jakarta beberapa hari lalu yang mencatut nama Gontor itu tidak benar.

“Gontor tidak berpihak pada salah satu paslon. Gontor pun tidak di bawah partai politik atau ormas apapun. Sejak 1962, Gontor di atas dan untuk semua golongan,” kata Noor Zen.

Dia menambahkan, sebagian besar alumni Pondok Modern Gontor merasa keberatan kalau ada sebagian atau beberapa orang dari alumni mengatasnamakan alumni Gontor untuk kepentingan politik.

“Kami alumni Gontor di Indonesia dan luar negeri keberatan,” tegasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed