oleh

AJI Bandung Gandeng Jaga Jari Gagas Pentingnya Peran Media Alternatif

Citrust.id – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandung gandeng Komunitas Jaga Jari Cirebon gagas isu pentingnya peran media alternatif di tengah-tengah media raksasa sekarang ini. Diskusi santai tersebut dilaksanakan di Saung Juang, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, Minggu (11/11/2018) malam.

Ketua AJI Bandung, Ari Syahril Ramadhan mengatakan, problamatika yang tengah dihadapi sekarang ini banyak media massa raksasa yang justru pro terhadap pemerintah. Oleh karenanya keindependenan isi dari konten berita menjadi kurang perspektif.

“Sehingga di sini diperlukan peran media alternatif sebagai penyeimbang guna mengatasi permasalahan tersebut,” ungkap Ari.

Lebih lanjut Ari menuturkan, media alternatif perlu mendeklarasikan diri kepada khalayak, terutama dari segi menyampaikan konten berita yang lebih menjurus kepada kepentingan publik.

Ari menilai, media alternatif seperti lembaga pers baik dari mahasiswa atau media lokal perlu untuk mengambil keuntungan dari adanya media sosial guna mengeksiskan diri dan merebut perhatian publik dalam mendeklarasikan pemikiran-pemikirannya yang didapat dari permasalahan masyarakat.

“Mereka perlu membuat semacam aliansi demi menggabungkan kekuatan dalam penyampaian berita secara luas, tentunya juga tidak terlepas dari kode etik jurnalistik,” tambahnya.

Dirinya mengimbau, media alternatif tidak perlu khawatir dalam hal mengkritik (membangun) selama masih berpegang teguh kepada fakta, dewan pers pun akan memayungi media-media alternatif dalam persoalan hukum./dhika

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed